DESKRIPSI BIDANG KERJA DIVISI

DESKRIPSI BIDANG KERJA MASING-MASING DIVISI

 

–   DIVISI HUBUNGAN MASYARAKAT (Bussiness and Networking development Division)

 

Pengertian Humas

1.      Cutlip and Center mendefinisikan Public Relations sebagai fungsi manajemen yaitu mengidentifikasi, memantapkan serta membina hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan publiknya baik dalam keadaan sukses maupun gagal.

2.      Grunig mengembangkan definisi tersebut menjadi manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya.

3.      Lawrence W.Long dan Vincent Hazelton mengembangkan sebuah definisi baru yang lebih modern dan memadai bahwa Public Relations adalah fungsi komunikasi melalui adaptasi organisasi, mengubah atau membina hubungan dengan lingkungan dengan tujuan bersama-sama mencapai tujuan dari organisasi. Pendekatan ini menggambarkan bahwa Public Relations adalah lebih dari sekedar mempersuasi melainkan juga membantu mengembangkan kondisi komunikasi terbuka, saling pengertian/saling memahami dengan didasari ide bahwa organisasi juga mau berubah (dalam proses berperilaku dan bersikap) tidak hanya sebagi sasaran khalayak saja. Dapat dikatakan bahwa perusahaan dimungkinkan mengubah kebijakan sebagai hasil tindak lanjut dari dialog dengan lingkungannya.

 

Disimpulkan dari beberpa pengertian diatas, Humas diartikan sebagai manajemen komunikasi dalam organisasi dengan hubungannya ke dalam ataupun keluar (internal dan eksternal) guna tercapainya tujuan dari organisasi.

 

Fungsi Humas

Dalam hal ini, Humas mempunyai berbagai fungsi sebagai pengontrol publik, mengarahkan apa yang dipikirkan atau dilakukan oleh orang lain dalam rangka memuaskan kebutuhan organisasi, merespon publik, mereaksi pengembangan, masalah, mencapai hubungan yang saling menguntungkan antara publiknya melalui hubungan yang harmonis.

 

Job Discription  Divisi Humas SDI (sustainable development institute)

1.      Communication Technician

2.      Expert Prescriber

3.      Communication Facilitator

4.      Problem Solving Facilitator

 

Subdivision Divisi Humas SDI

1.      Hubungan Kelembagaan

2.      Publikasi dan Layanan Informasi

3.      Hubungan Media

4.      Pengelolaan Opini Publik

 

Kegiatan yang dilakukan Divisi Humas

1.      Komunikasi: perukaran ide, pendapat atau peasn melalui visual, lisan atau tulisan

2.      Publisitas: diseminasi pesan yang terencana melalui media tertentu, tanpa bayaran, untuk meningkatkan minat terhadap perusahaan/organisasi

3.      Promosi: aktifitas mengkreasi atau menstimulasi perhatian terhadap produk, orang, organisasi atau kasus.

4.      Press agentry: melalui soft news stories

5.      Integrated marketing: fungsi Humas pendukung pemasaran, tujuan beriklan sebuah organisasi

6.      Manajemen Isue: identifikasi, memonitor aksi publik atau reaksi publik terhadap organisasi

7.      Manajemen krisis: menghadapi krisis, bencana atau kegiatan negatif yang tidak terencana dan memaksimal ekses positif yang dapat diraih

8.      Public Information offcer: sebagai penghubung antara lembaga pemerintah, dan media

9.      Public Affairs/lobbyist: bekerja mewakili perusahaan untuk menghadapi politisi, perangkat pemerintah yang berperan menetukan kebijakan dan undang-undang untuk mempertahankan status quo atau mengubahnya.

10. Financial Relations: menghadapi dan mengkomunikasikan informasi kepada pemegang saham atau masyarakat pemodal

11. Community Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan antara organisasi dan masyarakat

12. Internal Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan orang – orang yang berada dan memilki hubungan di dalam organisasi

13. Industry Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan atau atas nama perusahaan dengan industri

14. Minority Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan group minoritas dan individual

15. Media Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan media

16. Public Diplomacy: memantapkan dan meningkatkan hubungan untuk membuka jalur perdagangan, pariwisata dan kerjasama antar negara

17. Event management: menyiapkan, merencanakan, melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam suatu waktu

18. Sponsorship: menawarkan atau menerima bantuan dana dengan imbalan public exposure

19. Cause/Relationship marketing: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan konsumen

20. Fund Raising: memantapkan dan meningkatkan hubungan atas nama sektor non profit untuk mendorong terkumpulnya dana serta bantuan

 

 


–   DIVISI Comdev (Community Development Division)):

Adalah kegiatan pengembangan masyarakat yang dilakukan secara sistematis, terencana dan diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat guna mencapai kondisi sosial, ekonomi dan kualitas kehidupan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan pembangunan sebelumnya.

 

·   Ruang Lingkup Comdev:

a)  Community Services:

Merupakan pelayanan korporat untuk memenuhi kepentingan masyarakat ataupun kepentingan umum, seperti pembangunan fasilitas umum antara lain pembangunan ataupun sarana transportasi/jalan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana peribadatan, peningkatan atau perbaikan sanitasi lingkungan, pengembangan kualitas pendidikan (penyediaan guru, operasional sekolah), kesehatan (bantuan tenaga para medis, obat-obatan, penyuluhan peningkatan kualitas sanitasi lingkungan pemukiman), keagamaan dan lain sebagainya.

 

b) Community Empowering:

Adalah program-program yang berkaitan dengan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya. Berkaitan dengan program ini adalah seperti pengembangan ataupun penguatan kelompok-kelompok swadaya masyarakat, komuniti lokal, organisasi profesi serta peningkatan kapasitas usaha masyarakat berbasiskan sumber daya setempat.

 

c)  Community Relation:

Adalah kegiatan-kegiatan yang menyangkut pengembangan kesempahaman melalui komunikasi dan informasi kepada para pihak yang terkait. Seperti konsultasi publik, penyuluhan dan sebagainya.

 

·    Tugas-tugas Divisi Comdev:

a)     Menjalin kontak dengan individu, kelompok ataupun organisasi.

b)    Mengembangkan profit komuniti, mengkaji kebutuhan dan sumber daya komuniti tersebut.

c)     Mengembangkan analisis strategis, merencanakan sasaran, tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

d)    Melakukan penyelesaian konflik, baik konflik antar kelompok sosial maupun antar organisasi.

e)     Melakukan kerja kolaborasi dan negosiasi dengan berbagai lembaga ataupun profesi.

f)      Mengembangkan komunikasi yang baik dengan berbagai individu, kelompok maupun organisasi.

g)     Mengelola sumber daya yang ada dengan baik, termasuk didalamnya mengenai pendanaan dan sumber daya manusia.

h)    Memonitor dan mengevaluasi perkembangan program atau kegiatan.

i)       Menarik diri dari kelompok yang sudah berkembang.

 

·        Program-program Divisi Comdev:

a.      Memfasilitasi konsultasi umum dan komunikasi antara perusahaan dan masyarakat lokal dalam isu-isu usaha (konsultasi publik).

b.     Melakukan pemetaan sosial mengenai orientasi sosial ekonomi masyarakat lokal disekitar perusahaan (social mapping).

c.      Membangun hubungan yang baik dengan stakeholders yang terkait, seperti pemerintah, LSM, tokoh masyarakat (audiensi dan hearing).

d.     Memfasilitasi penyelesaian konflik antara perusahaan dan masyarakat lokal.

e.      Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan SDM anggota organisasi. Misalnya pelatihan public speaking, pelatihan manajemen, pelatihan manajemen konflik dan lain sebagainya.

f.       Mengadakan pelatihan usaha untuk meningkatkan SDM masayarakat lokal, seperti pelatihan wirausaha.

g.      Memberikan informasi terhadap masyarakat tentang isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan, CSR melalui seminar dan Talkshow.

h.     Memberikan penyuluhan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat local. Seperti pelatihan hidup sehat, pelatihan siaga bencana dan lain sebagainya.

i.        Mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal. Seperti kegiatan pemberantasan buta huruf, pengobatan gratis, pembagian sembako dan lain sebagainya.

 


–   Divisi Data dan Informasi

Divisi Data dan Informasi adalah Divisi yang akan bertanggungjawab penuh atas beberapa hal yang terkait dengan sistem lembaga SDI ini, beberapa tugas tersebut dibagi menjadi beberapa tugas umum dan tugas khusus.

·        Tugas Umum.

1.      Membangun jaringan SDI dengan beberapa Coorporate dan media massa yang ada melalui tehnologi komunikasi yang ada.

2.      Melakukan publikasi tentang informasi Eksistensi SDI.

3.      Melakukan transparansi publik.

4.      Menyediakan sarana dan menampung aspirasi khalayak luas lewat media internet dan media lainnya.

 

·        Tugas Khusus.

1.      Membuat Blog untuk SDI yang berisi publikasi tentang riwayat, profil, struktur lembaga, dan kolom aspirasi.

2.      Menginformasikan SDI melalui media yang ada dan dapat dijangkau.

3.      Update informasi terbaru tentang SDI dan promosi setiap bulannya.


–   Divisi Litbang ( Penelitian dan Pengembangan)

·        Jobdisk Divisi Litbang

1.      Melaksanakan penelitian dan pengembangan dibidang Comdev.

2.      Perumusan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan dibidang manajemenat Comdev.

3.      Perumusan rencana dan program serta koordinasi penelitian dan pengembangan di bidang Comdev.

4.      Pemberian pelayanan penelitian dan pengembangan serta informasi ilmiah dibidang Comdev.

5.      Memberikan masukan pada para pengambil keputusan dalam bentuk pertimbangan ilmiah yang tepat waktu dan aplikatif.

6.      Menyajikan dan menyebarluaskan informasi ilmiah dibidang Comdev kepada anggota lembaga SDI.

 

·        Rencana Program Divisi Litbang

1.      Penelitian segmentasi pasar SDI.

2.      Penelitian optimalisasi pengoperasian bidang-bidang dalam SDI.

3.      Penelitian standart pelayanan SDI terhadap klien dan standart pelayanan secara umum.

4.      Penyelenggaraan standart pelayanan minimal yang wajib dilaksanakan dalam bidang penelitian dan pengembangan.

5.      Pengevaluasian pelaksanakan penelitian dan pengembangan serta pelaporan.

Pengumpulan Informasi oleh Comdev

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: