PROFILE

logo1

SDI

(SUSTAINABLE DEVELOPMENT INSTITUTE)

 

 

Profil SDI

 

Tentang SDI

SDI atau Sustainable Development Institute (Institut Pembangunan Berkelanjutan) merupakan lembaga yang menyediakan informasi, pelatihan, penelitian, dan konsultasi terhadap praktek usaha yang berkelanjutan di Indonesia. Dalam menjalankan aktivitas sosial yang dinamis, SDI memposisikan diri di tengah-tengah antara lembaga swadaya masyarakat dan agen konsultan yang komersil. Posisi ini memudahkan kami untuk memberikan pendampingan secara independen dan telaah mendalam tentang permasalahan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. SDI membentuk kompetensi dan mendorong kesadaran akan pentingnya CSR demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di seluruh negeri.


Dalam SDI, kami melihat kesuksesan ekonomi suatu masyarakat diukur dari keberlangsungan bangunan sosial dan lingkungan dimana pelaku ekonomi tersebut berada. Oleh karenanya, kami bekerja berdasarkan pada prinsip-prinsip bisnis profesional guna mempromosikan CSR di seluruh wilayah di Indonesia. Sumber-sumber finansial kita datang dari para klien, penyelenggaraan pelatihan dan konferensi, layanan konsultasi bagi perusahaan-perusahaan dan penulisan buku, jurnal, dll.

 

Filosofi

SDI dibangun atas visi: memberikan informasi yang terpercaya dan menguntungkan, pelatihan, penelitian dan layanan konsultasi bagi para pelaku usaha dan seluruh komponen yang melingkupinya (baca: stakeholder). Kami yakin bahwa visi tersebut dapat menjembatani dua model kelembagaan yang bertolak belakang; lembaga swadaya masyarakat (yang bersifat nirlaba) dan lembaga konsultan yang komersil. Kami memiliki definisi yang sederhana tentang CSR (Corporate Social Responsibility), yakni komitmen dari perusahaan untuk melangkah mendukung pembangunan berkelanjutan secara ekonomis, sosial dan lingkungan dengan tanpa menafikan kepentingan para stakeholder. Kami yakin bahwa kepentingan para pemilik (saham) perusahaan pada satu momentum tertentu tidak akan bertolak belakang dengan komitmen mereka terhadap pembangunan yang berkelanjutan (CSR).

 

SDI merupakan lembaga profit-sosial, yaitu sebuah usaha yang didominasi oleh kepentingan sosial dimana keuntungannya dapat dimanfaatkan kembali untuk kepentingan bisnis maupun pemberdayaan masyarakat; dan tidak dimonopoli oleh kepentingan ekonomis an sich dari para investor. Dengan menyeimbangkan posisi kelembagaan ber-laba dan nirlaba, kami membentuk sebuah organisasi yang mapan secara finansial (tanpa harus berpangku tangan kepada para donatur atau lembaga donor yang mendorong agenda-agenda CSR pada suatu periode tertentu tanpa adanya tindak lanjut yang jelas) yang dapat bertahan dalam pertarungan pasar (bebas). Untuk itu, kami mencanangkan program-program yang relevan terhadap kebutuhan riil dan praktis dari dunia usaha.

 

Kami yakin bahwa CSR sangat bermanfaat dalam penyusunan agenda-agenda sosial perusahaan (dengan tidak harus selalu mengikuti tren yang sedang berkembang), memperkenalkan praktek usaha yang baik (good business) (dengan membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan ekonominya tanpa mengorbankan kehidupan manusia dan lingkungannya), dan menjadi sumber informasi yang terpercaya (dengan menyatakan apa yang seharusnya dikatakan; bukan mengatakan sesuatu kepada perusahaan apa yang hanya mereka mau dengar).

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, kami merekrut personil yang energik dan antusias untuk bekerja sama dalam melaksanakan program-program CSR yang menguntungkan baik bagi perusahaan maupun masyarakat. Dengan adanya pelatihan yang berkualitas, kami membantu pembangunan masyarakat lokal yang dilakukan oleh para pakar CSR dan mengembangkannya di seluruh wilayah di Indonesia.

 

SDI juga bekerja dengan lembaga-lembaga lokal untuk memberikan solusi dan langkah strategis dalam menyesuaikan program-program CSR dengan kondisi wilayah tertentu. Kami mempunyai kebijakan yang meliputi seluruh perusahaan, dengan tidak berpihak kepada pelaku usaha tertentu. SDI berpendirian untuk bekerja sama dengan seluruh perusahaan dan para stakeholder guna mempromosikan CSR di Indonesia seluas-luasnya.

 

 

 

Visi

1.      Mempromosikan dan memperkenalkan CSR (Corporate Social Responsibility) yang sesuai dengan kultur setempat bagi para pelaku bisnis;

2.      Memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan pelaku bisnis dalam penerapan CSR (Corporate Social Responsibility);

3.      Mengembangkan potensi masyarakat lokal melalui program-program CSR (Corporate Social Responsibility);

4.      Menjembatani permasalahan tentang penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dihadapi para pelaku bisnis;

5.      Melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

 

Misi

1.      Memberikan informasi tentang CSR (Corporate Social Responsibility) yang sesuai dengan kultur setempat kepada para pelaku bisnis;

2.      Memberikan strategi penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis;

3.      Berperan serta mengembangkan potensi masyarakat lokal melalui program-program CSR (Corporate Social Responsibility);

4.      Memberikan solusi terhadap permasalahan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dihadapi para pelaku bisnis;

5.      Menciptakan program-program CSR (Corporate Social Responsibility) yang mendukung terlaksananya pembangunan berkelanjutan.

 

One Response to “PROFILE”

  1. dee Says:

    lho kok logonya ganti?
    ayo rek semangat,,,,………….
    jgn lupa tgl 15jan08 qt da raker…

Leave a comment